Sadarsibarani’s Weblog

October 28, 2008

FRANZ WILHELM JUNGHUHN

Filed under: Pemikiran — rajabatak2 @ 11:17 am
Tags: , ,

Sebelum kedatangan van der Tuuk, seorang pria Belanda keturunan Jerman mengawali kariernya di Indonesia sebagai dokter militer. Pada awal kedatangannya di Indonesia, penyakit yang sering muncul ialah penyakit malaria. Setelah memperoleh bibit kina, pemerintah Belanda mempercayakan tugas kepada Junghuhn untuk mencari lahan yang sesuai sebagai tempat untuk menanam pohon tersebut. Untuk tugas yang sangat mulia ini, Junghuhn melakukan perjalanan ke pedalaman Sumatera. Perjalanannya dimulai dari pedalaman Minangkabau dan berakhir di pedalaman Tanah Batak.

Inilah awal keterlibatannya dalam bidang botani, di samping banyak menulis tentang adat-kebiasaan setempat suku-suku yang dikunjunginya (etnologi).

Dalam perjalanannya ke Tanah Batak, dia juga mendengar tentang sebuah danau yang sangat indah, tetapi keinginannya untuk mencapai danau itu hingga kepulangannya ke Batavia tidak pernah terpenuhi. Salah satu penyebabnya adalah kedatangan pasukan Tuanku Rao yang menjadikan daerah Batak Utara sangat tertutup sehingga tidak ada orang yang berani untuk menjadi penunjuk jalan bagi Junghuhn dan pengangkut barangnya ke sana.

Dalam bukunya, M.O. Parlindungan menulis bahwa, dalam perjalannya ke Tanah Batak, Junghuhn sempat bertemu dengan Raja Si Singamangaraja. Bahkan, menurutnya, Junghuhn sempat membuat foto sang raja yang filmnya ditemukan oleh Residen Poortman di perpustakaan Universitas Leipzig. Tidak dijelaskan mengapa, dalam sejumlah penerbitan, karya foto ini tidak pernah dipublikasikan. Hal ini menarik karena, hingga Raja Si Singamangaraja yang terakhir, foto raja tersebut tidak pernah ada. Lukisan Raja Si Singamangaraja XII yang kita kenal sekarang, adalah hasil reka-reka Agustin Sibarani dengan dibantu oleh Batara Lubis, beripa rangkaian wajah beberapa anggota keluarga, ditambah cerita orang yang pernah bertemu dengan beliau, salah satunya Ompu Babiat ayahanda Sitor Situmorang.

Pertemuan Junghuhn dengan Raja Si Singamangaraja, menurut M.O. Parlindungan, bahkan diiringi pertandingan minum tuak. Pertemuan itu dipastikan tidak pernah terjadi karena, apabila hal itu benar, Junghuhn pasti akan memperoleh akses untuk berkunjung ke Danau Toba. Selain itu, sepanjang yang diketahui, seluruh keturunan Raja Si Singamangaraja, tanpa peduli apa pun agamanya, bahkan hingga kini, berpantang untuk menenggak minuman keras, termasuk tuak, dan memakan daging babi, anjing, atau hewan yang dimasak dengan bercampur darah. Bahkan, konon, Raja Si Singamangaraja yang terakhir tidak pernah merokok kecuali makan sirih. Di samping air putih, minumannya adalah kopi kental tanpa gula. Data-data ini diperoleh dari keturunan Raja Si Singamangaraja.

Junghuhn melakukan banyak perjalanan di Nusantara, termasuk di Pulau Sumatera. Di tempat ini, dia banyak mengambil tanah dan juga berbagai tanaman yang diperlukan untuk penelitian. Hasil penelitiannya banyak dimanfaatkan oleh pemodal-pemodal besar yang kemudian melakukan investasi di Indonesia. Dia telah menerbitkan banyak buku, termasuk topik tentang Batak.

Di antaranya terdapat sejumlah karya yang terkenal, seperti Java Zijnegedaante, Zijn Plantengroei en Inwendige Bouw (Jawa, Wujudnya, Tumbuhannya, dan Struktur Dalamnya) dalam empat jilid. Dia juga menerbitkan peta Pulau Jawa dalam empat lembar besar dengan judul Topographische und Naturwissenchaftsliche Reischen Durch Java (Topografi dan Pengetahuan Alam di Pulau Jawa). Karya-karya inilah yang membuat dirinya lebih dikenal sebagai zoologis dan botanikus daripada sebagai dokter.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: